Sejarah Berdirinya Sosial Media Pulsk – Edi Sunarso
Edi Sunarso

Sejarah Berdirinya Sosial Media Pulsk

Iklan

Pulsk merupakan social media buatan anak bangsa, Pulsk sendiri merupakan penyedia konten berbagi artikel, foto, Video sesame pengguna pulsk. Pulsk diluncurkan pada 16 September 2012 oleh pendirinya yang Rendy Bryanzah. Startup situs ini diawali dari riset yang menemukan fakta bahwa ternyata situs-situs jejaring sosial sebagian besar diramaikan oleh pengguna dengan rentang usia muda yang rata-rata berusia di bawah 24 tahun yang berarti masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Oleh karena itu, Rendy mulai merancang Pulsk di waktu senggangnya dibantu Irwan Fahmy di sisi produk dan strategi, Riswan Rais dan Ardian Trimurti di lini desain. Pada November 2012 lalu, Pulsk mengikuti Sparxup, kompetisi startup yang diadakan sebuah situs berita dalam jaringan Indonesia dan berhasil menduduki juara di kategori internet/mobile portal. Pulsk yang saat itu masih berumur 2 minggu dapat masuk menjadi nominasi meski para pendirinya belum memikirkan bagaimana model bisnisnya.

Nama Pulsk sendiri pada awalnya adalah akronim dari frasa ‘pulang sekolah’.Anak-anak sekolah telah jenuh dengan pelajaran serius yang diterima sepanjang jam pelajaran di kelas. Sehingga, waktu pulang sekolah adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk mencari sesuatu yang menyenangkan.

Pulsk mencoba hadir menawarkan sesuatu yang berbeda. Diharapkan para pengguna bisa memperoleh sesuatu yang menyenangkan, menghibur, sekaligus menambah pengetahuan melalui Pulsk

Nama Pulsk juga dipilih dengan alasan co-founder ingin membuat nama domain yang terdiri dari lima huruf yang memberikan kesan secara perspektif penjualan. Para pembuat Pulsk menggabungkan konsep tata letak dari Facebook dan Youtube, yaitu penggunaan timeline seperti Facebook dan penggunaan menu bar sebelah kiri seperti Youtube. Kedua konsep tata letak tersebut diambil karena dianggap memenuhi estetika dan ramah pengguna.

Dalam waktu dua minggu sejak peluncuran versi beta di pertengahan September 2012, Pulsk telah mencapai 110.000 pengunjung dengan 850.000 pageviews dan 2.200 pengguna yang terdaftar dengan 2.250 artikel yang diterbitkan. Berdasarkan data yang ada, jejaring sosial Pulsk telah berhasil mendapatkan pengguna baru sebanyak 125.000 hingga bulan Februari 2013. Sedangkan statistik kunjungan Pulsk rata-rata 5 juta pengunjung setiap bulan dengan jumlah pageview sekitar 50 juta halaman.

Jejaring sosial Pulsk dinilai sebagai salah satu startup yang cukup berhasil karena memiliki jumlah pengguna yang telah mencapai ratusan ribu dalam waktu singkat.Sekian sharing dari saya, Terimaksih.

 

Iklan

Iklan